Aktivitas Peningkat Good Mood

Ini adalah kebiasaan ku waktu kecil sampai sekarang, yaitu tidur siang. Berawal dari zaman TK, sehabis pulang pasti Ibu menyuruhku untuk tidur siang. Layaknya anak kecil yang patuh terhadap orang tua. Akupun mengikuti perintah Ibu. Tidur siang dari ba'dha Dzuhur sampai jam 3 sore. Ya tidak mesti di jam itu, tapi pasti di jam Ba'dha Dzuhur sampai sebelum Ashar.

Tidur siang efeknya pun bagus sekali bagi raga dan jiwa. Untuk badan jadi lebih fit dan mood jadi semakin baik. Ketikaku di rumah aktivitas tidur siang tidak pernah terlewatkan. Aku sering memanfaatkan waktu siang untuk tidur. Sesuai anjuran dari Rasulullah, bahwasanya dianjurkan untuk Qailulah, atau istirahat siang. Istirahat siang yang dimaksud tidak mesti tidur, boleh istirahat sekedar menenangkan pikiran, makan dan yang pasti mengistirahatkan badan dari segala aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Dan aku lebih suka Qailulah dengan tidur siang. Disamping mengistirahatkan badan dan pikiran, juga pembangkit mood.

Beberapa semester lalu, aku memang kurang tidur siang. Ada saja aktivitas kampus yang menyita waktuku. Menjadikanku serasa kurang produktif. Siklus tidur jadi tidak teratur. Badan kadang lebih suka lelahnya, mood juga sering putus nyambung. Dengan tidur siang ternyata semua itu bisa diatasi. Itulah manfaatnya tidur siang. Walaupun minimal tidur 30 menit, sungguh bermanfaat daripada istirahat dengan teman-teman sambil bergunjing (barangkali ada yang seperti itu).

Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo