Mahasiswa Teraneh

Tak terasa hampir 4 tahun menginjak bangku kuliah. Tanpa disadari sudah mulai menua di kampus. Banyak cerita saat mengikuti mata kuliah. Mulai dari keaktifan, keramaian, kemalasan, keabsurdan sampai yang diam-diam belum faham.
Ada yang menarik ketika ku mengikuti kuliah kemarin pagi. Yang pas di Minggu itu adalah hari terakhir pertemuan. Ketika materi dirasa sudah selesai, banyaklah dosen mencoba mereviewnya. Tak sedikit materi yang akhirnya terpancing ke materi mata kuliah pada semester satu yang terbilang materi sangat dasar.
Ketika dosen bertanya, banyak yang akhirnya lupa diri. Entah kenapa seketika hening ketika ditanya sang dosen. Apakah karena banyaknya beban yang menyebabkan demikian sayapun juga ikut gelang geleng. Aku yang mengerti pun ikut-ikutan diam. Tak pede ketika menyuara sendiri, ada rasa yang mendebarkan. Keheningan pecah ketika sang dosen bertanya lagi dan sekali lagi tak ada yang menjawab, termasuk aku. Yang akhirnya terjawab dengan keheranan sang dosen, yang faktanya sudah menempuh semester atas ketika mereview materi semester awal saja pada diam. Ya begitulah kuliahku. Akupun ikut-ikutan jadi lupa diri 😂

Seperti ada yang sia-sia, karena kulihat kuamati sang dosen sangat kompeten dalam bidangnya tapi tidak diimbangi dengan mahasiswa yang kritis, miris.

Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo