Guru Favorit Nan Inspiratif

Dalam menimba, mencari ilmu (tholabul 'ilmi) pastilah ada sesosok guru. Guru banyak macam sifatnya, dari galak, penyabar, adil, penyayang, cuek dan lain-lain. 
Selama saya menempuh pendidikan secara formal, sudah banyak sekali macam-macam sifat dan sikap guru yang saya temui. Dari semuanya itu ada pula yang kurang saya suka. Walau begitu, setidak sukanya seorang murid tetap harus sopan dan menghormati guru. Karena tanpa guru, tujuan mencari ilmumu akan  kurang tearah dan kurang berkah. Coba baca artikel saya yang ini. 

Dari tidak suka pasti ada guru yang disukai atau di favoritkan. Mengapa difavoritkan ? Tergantung dari anak tersebut menyukainya dalam hal apa. Kebanyakan guru difavoritkan karena kedekatannya yang sangat dekat dengan murid, humoris dalam mengajar, sangat berperan sebagai orang tua kedua, penyabar, inspiratif, punya pemikiran yang unik, selalu bikin muridnya paham sesulit apapun materinya, sangat pintar dalam hal apapun dan lain-lain. 

Disini saya mencoba membuat daftar siapa saja yang benar-benar menjadi guru favoritku ketika saya menimba ilmu di pendidikan formal :
  • SD - Bapak Niat Supangat
    Gaya galaknya, gaya humornya dalam mengajar. Berkali-kali selalu di marahi beliau. Tapi ketika santai selalu menjaili saya.
  • SD - Bapak (lupa namanya)
    Sering di gendong sama beliau. Dipangku beliau ketika sedang mengajar. Sifatnya yang kebapakan.
  • SD - Ibu Maudi Israel
    Karena sifat keibuannya. Beliau selalu menanyakan tiap murid tentang keadaanya bagaimana. Ketika 1 kali tidak masuk, hari berikutnya ketika masuk, akan selalu ditanya didekati. Mencoba selalu memberikan solusi ketika ada murid dalam masalah.
  • SMP - Ibu Dyah Laksmi Tejaningsih
    Karena sifat keibuannya (lagi) dan selalu ingin menjaga anak didiknya. Selalu memberikan nasehat dalam setiap pertemuan. Beliau mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
  • SMP - Bapak Sugeng
    Sifatnya nyeleneh sedikit menyimpang (pemikirannya) serta humoris dalam mengajar. Dalam mengajar selalu bikin muridnya paham. Beliau mengajar Matematika.
  • SMK - Bapak Nisfur Rajab
    Satu-satunya orang yang saya favoritkan di SMK, tidak ada yang lain. Hanya memegang spidol ketika mengajar, tidak ada alat peraga selain membawa spidol. Beliau mengajar Fisika. Entah disebut metode mengajar apa, yang jelas, beliau selalu mengajar dengan memberikan petuah petuah, siraman rohani yang di mix dengan ilmu fisika. Super cerdasnya.
  • Kuliah - Bapak Nahar Mardiyanto
    Beliau tidak beda dengan Pak Nisfur. Saya anggap 11 12 dengan Pak Nisfur, dari watak, sikap, cara mengajar, petuahnya, semuanya hampir mirip. Selalu memberikan petuah petuah siraman rohani yang di mix dengan mata kuliahnya ketika mengajar. Super cerdasnya.
  • Kuliah - Bapak Rifan Ferryawan
    Dosen muda, kece badai, cerdas, single (kayaknya), kalem. Sering mewanti-wanti, tujuan kuliah itu mencari ilmu bukan mencari nilai.
  • Kuliah - Bapak Dian Asmarajati
    Sifat membimbingnya ini yang saya favoritkan. 
Jazakallah khoir para guru-guruku.
Untuk semua guru-guruku, semoga Allah membalas jasa baikmu dengan memberkahi umurmu, memberkahi waktumu, memberkahi kesehatanmu, menjaga keluargamu, menambah terus ilmumu, memperbagus amalmu, meluaskan rezekimu, membaguskan dunia dan akhiratmu. 
Aamiin..




Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo