Jalan-jalan ke Solo

Pagi yang dingin nan sejuk, kicau burung saling bersautan yang hinggap di pohon rindang belakang rumah.

Sungguh pagi yang sangat dirindukan, setelah 3 hari berada di Solo, yang terbilang hawa cuaca dan suasana yang gerah nan panas.
Hidup di Wonosobo yang merupakan dataran tinggi di provinsi Jawa Tengah, dengan udara dingin nan sejuknya, membuat tidak ingin lama-lama dan jauh jauh dari tempat kelahiran.
Awal mula cerita saya diajak bapak ibu SMK waktu dulu saya sekolah, untuk ikut acara LKS tingkat provinsi Jawa Tengah di Solo.

Alhamdulillah, bisa sekalian piknik nyari pokemon nih, soalnya baru level 6, lagi jarang nyari pokemon (batinku). Tapi Allah ternyata tidak memperbolehkan saya untuk nyari pokemon, karena aplikasi Pokemon Go nya secara tiba-tiba tidak bisa dimainkan T_T (serada gemes sih, kok bisa ?).


Pada tanggal 14 September berangkatlah kami ke Solo. Sebelumnya pada tanggal 13 September, persiapan terakhir, alhamdulillah dari bidang TIK mewakili 2 bidang mata lomba yaitu Web Design dan IT Software. Pematangan kisi-kisi lomba dan persiapan bawa seperangkat komputer sampai UPS.

Saya hanya bisa mendampingi anak-anak sampai jam 12 siang, dikarenakan ba'dha dzuhur saya ada acara, acara nyate di rumah temen, sayang kalau dilewatkan karena setahun sekali. Akhirnya ba'dha dzuhur saya keluar, langsung menuju rumah teman saya, nyate nyate sampai jam 5 sore.
Sampai rumah sekitaran jam 5:15. Saya langsung persiapan bawa barang-barang untuk dibawa ke Solo. Jam 20:00 beres, barang-barang sudah masuk ke tas semua. Tidur, jam 04:00 saya bangun, tahajud sekalian nunggu subuh, jam 05:00 mandi, 06:30 berangkat dari rumah. Berangkatnya dari rumah bonceng teman, soalnya mau bawa motor sendiri bingung mau dititipkan ke siapa. Dari bapak ibu guru nginfoin buat berrangkat jam 07:00, tapi seperti biasa ada jam karet, berangkatlah kami jam 07:30. 6 orang berangkat dari sekolah mengggunakan mobil sekolah, 3 guru pembimbing, 2 anak lomba dan saya. Belum pada sarapan, sarapan dulu di WR. Bu Carik Temanggung. Perjalanan lewat Grabag - Boyolali - Solo, sampai Solo jam 12;00. Lokasi yang paling dekat adalah tempat lomba IT Software, jadi turun dulu ke SMK 5 Surakarta. Seperangkat komputer beserta UPSnya diturunkan dari mobil dibawa ke ruang lomba. Lekas itu jam 12:30 langsung menuju tempat lomba Web Deisgn. Di SMK 3 Surakarta, turun bawa seperangkat komputer beserta UPSnya. Pas masuk ke ruangan rergistrasi jarang sekolah lain bawa komputer, hanya dari sekolah kami saja yang bawa (belum muncul pertanyaan besar disini). Setelah registrasi naik keatas ke ruang lomba, menempatkan seperangkat komputer, disini baru muncul pertanyaan, kok jarang banget yang bawa PC, ini baru batinku. Sambil menunggu waktu technical meeting Web Design, kami putuskan untuk ke hotel untuk check in. Dari pihak hotel dikasih box makan, tapi isinya kurang untuk porsi dewasa alias sangat sedikit sekali. 
Ternyata hotel untuk peserta LKS itu 1 kamar berisi 4 kasur, yang berarti ada 4 orang. Karena hal itu akhirnya bapak ibu guru pesan kamar sendiri, kamar nomor 129 dengan extra bed, berisi 3 kasur. Setelah check in, kami kembali lagi ke tempat lomba Web Design. Jam 14:30 masuk technical meeting, sampai jam 15:00 anak-anak lomba disuruh masuk ke ruang lomba. Jam 15:00 mulailah anak-anak untuk instalisasi mulai dari instal Sistem Operasi sampai aplikasi yang dari panitia. Nah pas disini munculah permasalahan, ternyata untuk bidang mata lomba Web Design harus memakai laptop tidak diperkenankan memakai PC, kenapa tidak dari awal pas registrasi dikasih tahu gitu loh (batinku), permasalannya tidak ada yang ikut Technical Meeting Web Design yang pertama pada waktu itu,  jadi tidak tahu harus memakai laptop. Bapak ibu guru langsung turun nyari beli laptop, sebelumnya saya tawarkan agar memakai laptop saya, ganti hardisk saja, tapi sepertinya memang mantap beli saja. Oke, akhirnya sambil menuggu bapak ibu guru selesai beli laptopnya, saya putuskan mengajak si anaknya untuk sholat, sholat jamak ta'khir. Selesai sholat makan dikit di kantin sekolah, karena dari siang belum makan, box makan dari hotel ditinggal di kamar.  Waktu menunjukkan pukul 16:40, akhirnya bapak ibu guru sudah sampai dan anaknya saya antar ke ruang lomba. Permasalahan muncul lagi, ternyata anaknya tidak bisa instal ulang (kurang ndlidis kurang usil pikirku, memang anaknya itu kalem banget, gak usil, jadi laptopnya kurang bermasalah aman aman aja, jarang menangani troubleshooting), saya kasih sedikit gambaran cara instal ulang, ya sedikit paham apa yang saya ucapkan, entah di dalam ruangan bisa atau tidak saya tidak tahu. Masuklah anaknya ke ruangan lomba, saya dan bapak ibu guru menunggu di ruangan yang sudah disediakan oleh panitia sebagai tempat tunggu. Di ruangan tersebut sudah disediakan 2 monitor yang digunakan sebagai pemonitoran dari ruangan lomba. Saya lihat dari layar monitor anak nya ternyata sedikit gelisah, karena tidak bisa instal ulang, akhirnya dibantu oleh panitia dan teknisi lomba. Tapi sampai pukul 18:00 anaknya masih terlihat gelisah terlihat dari duduk berdiri duduk berdiri terus. Dan keluarlah anaknya sambil membawa laptopnya menuju tempat tunggu bapak ibu guru pembimbing. Saya hampiri anaknya, dia bilang "Mbak ini gak bisa diinstal ulang, panitia sama teknisinya juga gak bisa instal ulangnya", walah dalah kok bisa ya...
Permasalahannya cuma tidak bisa booting dari DVD-RW, settingan biosnya (pikirku). Saya coba otak atik settingan biosnya, memang ternyata sedikit sulit. Ternyata simpel, cuma switch disabled to enabled doang, terus ganti posisi booting, beres. Sudah masuk DVD-RW, saya arahin anaknya untuk klik next-next terus, saya suruh anaknya lekas masuk ke ruangan lomba. Dari monitor anaknya sudah tenang, didampingi panitia dan teknisi. Waktu menunjukkan pukul 19:30, dari dalam  ruangan tinggal anak tersebut yang masih instalisasi aplikasi, ditemani teknisi lomba. Pukul 20:00 selesai, balik menuju hotel, tidak ikut pembukaan lomba LKS (untuk anak yang lomba IT Software dikabarkan lancar-lancar saja, tidak ada trouble). Balik ke hotel, sampai hotel  makan mandi sholat tidur. Sedangkan saya masih terjaga sambil melihat tv, ibu guru keluar beli sesuatu. Jam 22:00 saya masih terjaga, ibu guru balik ke kamar. Ibu guru tidur dan saya masih terjaga, karena mau KRS an, sampai jam 00:00 langsung KRS an, kelas langsung penuh semua. jam 00:30 saya tidur. Jam 03:30 anaknya bangun, sholat tahajud dan mencoba sedikit mereview latihan-latihan kemarin. Saya dan bu guru masih tidur, bangun jam 05:00. Bangun, latihan photoshop bentar. Jam 06:00 mandi lalu sarapan. Keluar hotel, masuk mobil berangkat jam 07:00. 


Hari kedua di Solo. Pukul 07:30 sampailah di tempat lomba Web Design. Peserta lomba dan guru pembimbing absensi. Jam 08:00 masuk ruangan lomba. Pada technical meeting kemarin disetujui bahwa lomba pada hari pertama adalah modul 2 (3 jam ) dan modul 3 (4 jam) dan untuk hari kedua modul 1 (3 jam). Peserta masuk ruangan lomba, saya dan bapak ibu guru masuk ruang tunggu. Ini sepertinya efek kurang ndlidis lagi, modul 2 adalah membuat logo dengan potoshop (salah satu soalnya). Kata anaknya "Mbak saya bener nggak bisa potoshop", "Waduh, yaudah sebisa kamu aja, latihan tadi pagi  dan logo referensinya coba kamu aplikasikan" (jawabku). Sampai pukul 12:00 peserta keluar, modul 2 usai, lanjut istirahat. Anaknya langsung menuju musholla untuk sholat Dzuhur. Usai sholat, langsung menuju ruang tunggu, makan dan sedikit saya tanya. "Gimana tadi modul 2 nya ?", "Lancar mbak, yang logo tadi saya buat simpel, simpel tapi ngena akan syarat dan makna sebuah pariwisata, nama logonya Jateng Gayeng, saya buat lingkaran, sisi lingkaran saya kasih borobudur icon bangunan Kudus dll. " (jawabnya), "Siiplah, dah lanjut makan, bentar lagi masuk" (jawabku), sebelum masuk ruangan anaknya tanya lagi "Mbak ini enaknya pake PDO atau function biasa ya?", "PDO kamu lancar kan kemarin ? PDO sama yang function, nyaman dan mantap yang mana?", "Iya mbak lancar, mantep PDO", "yaudah pake PDO aja, barangkali nanti bisa masuk penilaian judgement juga", "Oke mantap PDO aja mbak", "Sipp, semoga lancar ya, kalau ada trouble PDOnya, di mix aja sama function biasa"(sambil menyemangati). Jam 12:30 peserta lomba kembali masuk ke ruangan. Saya lihat kembali monitor, lihat anaknya. Tidak lama kemudian terlihat ada panitia yang menghampiri anaknya, ada trouble lagi nih (pikir saya). Sampai pada jam 15:00 waktunya istirahat dan sholat ashar, peserta lomba keluar ruangan, anaknya keluar langsung sholat. Usai sholat anaknya menuju ruang tunggu. Saya tanya, "tadi dari monitor kok ada panitia menghampirimu, ada apa gerangan ? ", "iya mbak, tadi ada trouble, xamppnya nggak bisa buat tabel, akhirnya sudah bisa, kata panitianya karena trouble jadi dapat tambahan waktu 10 menit", "oohh alhamdulillah"(jawabku). Pukul 15:30 peserta lomba masuk, melanjutkan yang modul 3. Sampai jam 18:00 (sudah tambahan waktu 10 menit) anaknya keluar. Masuk ruang tunggu, saya tanya "Gimana modul 3, lancar , maksimal ? ", "Alhamdulillah, lancar mbak". Usai sholat maghrib, masuk mobil, menuju tempat lomba IT Software. Ternyata yang IT Software belum usai. Jam 19:00 peserta lomba IT Software keluar. Langsung menuju mobil. Di halaman sekolah sudah ada ibu guru dan juga 3 guru pendamping mata lomba Akuntansi, yang juga di wakili oleh 1 SMK dengan bidang TIK. Masuk mobil semua, langsung lanjut nyari makan malam. Makan di tenda, pinggir jalan, sambil menikmati malamnya di Solo, walaupun malam, masih terasa gerahnya. Pesan makan dan minuman untuk 9 orang, nunggu nunggu nunggu nunggu nunggu nunggu ternyata lama sekali, menunggu makanan dan minuman tiba selama 1 jam. Dan itu bapak guru akhirnya batal makan malam karena yang di pesan tidak ada. Setelah makan lanjut ke hotel masing-masing. Bapak guru pesan hotel di hotel yang sama dengan kami. BTW pas hari kemarin bapak guru menginap di  hotel bareng guru peembimbing akuntansi. Pesan kamar hotel dengan nomor kamar 132, berjarak 2 kamar dari kamar hotel 129.  Masuk kamar, langsung makan sholat. Anaknya pindah kamar dengan bapak guru. Dan di kamar 129 tinggal saya dan ibu guru. Ibu guru keluar bentar, mata saya sudah tidak kuat, saya masih melek menunggu ibu guru masuk kamar. Dan sampai jam 22:00 ibu guru ketok kamar, masuk kamar. Langsung saya tidur.



Hari ketiga. Jam 03:30 anaknya ketok kamar. Tadi malem udah janji mau review bentar tentang photoshop (lagi). Karena ada bocoran soal dari juri, katanya ada soal tentang slicing. Coba coba coba, anaknya sudah pahamm. Lanjut saya tidur bentar, karena ngatuk berat. Anaknya ternyata nonton anime. Bangun sholat mandi sarapan dan check out hotel. Berangkat jam 07:00. Sampai tempat jam 07:30. Absensi. Lalu dari panitia menyelenggarakan foto semua bersama peserta lomba. Sampai jam 08:00 peserta masuk ruangan. Hari ini mengerjakan soal modul 3. Bapak dan ibu guru dan saya keluar menuju ke tempat lomba IT Software. Membawa barang-barangnya bapak guru pembimbing IT Software, karena juga sudah check out hotel sekalian. Bapak guru yang tadi malam sehotel ternyata belum check out, kami keluar menuju hotel untuk check out, diperjalanan kami mencari toko olahraga nyari fin/kaki katak untuk anaknya ibu guru. Telusur sepanjang jalan Slamet Riyadi 2 kali, tidak ketemu toko olahraga. Sampai hotel check out. Masuk mobil lagi menuju tempat lomba Web Design. Sampai jam 12:00 lomba selesai, keluar ruangan. Bapak guru dan anaknya langsung menuju masjid sholat jumat. Jam 12:30 saya turun sholat Dzuhur. Jam 13:00 peserta lomba masuk kembali. Jam 13:00 ternyata ibu guru ada janji dengan teman waktu kuliah dulu, sayapun diajaknya. Bingung nyari angkutan menuju Solo Square. Akhirnya naik angkutan umum Trans Solo. Anyway baru kali ini ada bus trans ada yang mau ngangkut penumpangnya disembarang tempat, tidak di halte yang pada umumnya, seperti trans jogja trans semarang. Sampai di Solo Square, janjian bertemu di Solo Square. Akhirnya saya mendampingi ibu ibu reuni di Solo Square. Nyari makan di lantai paling atas. Selesai reuni, masih di Solo Square. Saya dan ibu guru masuk dan lihat-lihat gramedia, matahari dan bucherri. Jam menunjukkan pukul 14:00 kami keluar dari Solo square. Naik taksi menuju tempat lomba web design. Pukul 15:00 adalah hal yang paling menegangkan, pengumuman juara Web Design. Dan hasilnya adalah juara 1 dari kontingen Pati, juara 2 dari kontingen Cilacap (peserta lomba adalah dari jurusan TKJ) dan juara 3 dari kontingen Semarang. Kontingen Wonosobo berada di posisi 12. Alhamdulillah. Penasaran dengan kontingen dari Pati karena 2 tahun berturut-turut yang menang dari Pati. Dan ternyata dia memang sudah geek, pro, dia sudah jualan jasa, jasa cloud dan jasa pembuatan web. Ya memang juara 1 pantas disandang untuk dia. Untuk juara 2 katanya sudah di asah sejak dini, sudah diinkubasi memang untuk web design. Jam 15:30 pengumuman selesai, saya mengajak anaknya untuk sholat ashar. Selesai sholat ashar, datang bapak guru menjemput (sebelumnya mengantar bapak guru pembimbing IT Software ke tempat lomba), langsung gercep, bawa turun seperangkat komputer. Bawa semua barang-barang untuk dimasukkan ke mobil. Jam 16:30 langsung menuju ke tempat lomba IT Software. Sampai di sekolah, saya lihat ada rasa antara kemurungan dan lega serta pasrah. Alhamdulillah dengan berbesar hati untuk IT Software berada di posisi 22. Juara 1 dari kontingen Pati (lagi), juara 2 dari kontingen (lupa) dan juara 3 dari kontingen tuan rumah. Kenapa kok sampai di posisi 22, ternyata ada trouble pas hari pertama lomba kemarin, kerjaan modul 3 ternyata tidak terkopi, ada human error, jelas untuk modul 3 tidak mendapat nilai, juga menurunkan posisi peringkat. Padahal modul 3 kemarin sampai malam yang selesainya jam 19:00 malah tidak terkopi ke juri. Saya hanya berucap sambil menyemangati "tidak apa,  ini pengalaman berharga untukmu untuk kita juga, lain kali lebih teliti dan selamat ya atas lombanya hehe", "iya mbak terimakasih"(jawabnya sambil pasrah dan serada kecewa). Jam 18:00 sholat jamak qoshor. Masukkan semua perangkat komputer sambil benah benah barang-barang dimasukkan ke dalam mobil semua. Jam 18:30 langsung tancap gas menuju Wonosobo. Ternyata ada kelaparan yang menyelimuti perjalanan kita menuju Wonosobo. Akhirnya di daerah Klaten turun nyari makan, makan di warung star steak. Jam 20:30 selesai makan lanjut perjalanan pulang. Jam 00:00 sampai di rumahnya bapak guru, anak-anak menginap di rumahnya bapak guru. Dan saya menginap di rumahnya ibu guru.  Paginya saya balik ke rumah, dengan jaket dan helm masih tertinggal di sekolahan.



Dan selesai.



Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo