24 Jam

Kita diberi waktu dalam sehari adalah 24 jam. Sehari yang berisi pagi (subuh) siang (dzuhur) sore (ashar) petang (maghrib) dan malam (isya'). Banyak 24 jam kita isi dengan kegiatan duniawi dan kegiatan akhirat. Perbanyaklah kegiatanmu dengan hal-hal akhirat. Jangan sampai kita diperbudak oleh hal duniawi, karena kesibukan kita, sampai-sampai kita lupa ibadah. 
Sungguhlah merugi.
Ingat, kita diberi waktu 24 jam. Lakukanlah kegiatan semanfaat mungkin, jangan terbuang untuk hal-hal kurang bermanfaat.
Bangunlah pagi di sepertiga malam. Qiyamul lail dan sholat tahajud, sambil menunggu waktu subuh dilanjutkan dengan nderes Al-Qur'an, masuk waktu subuh sholat qobliyah dan sholat subuh. Jika masih ada waktu coba keluar rumah untuk menghirup udara segar untuk merelaksasikan otak dan peredaran darah. Hiruplah udara pagi (udara pagi sangatlah sehat karena belum tercemar dengan polusi kendaraan) sambil membaca istighfar atau dzikrulAllah yang lain (kalau saya cukup istighfar sambil merenung tentang keagungan dan sungguh maha besarnya ciptaan Allah serta merenung tentang dosa-dosaku yang sungguh amat banyak ini). Sekitar jam 06:00 an lanjut untuk persiapan berangkat sekolah, berangkat kerja dll. 
Berangkat kerja, berangkat sekolah adalah kegiatan yang banyak makan waktu diperjalanan, manfaatkan waktu perjalananmu sambil dzikir atau mendengarkan tausiah kajian-kajian islami (cari/ambil tausiah yang benar, jangan yang sesat). Kalau anda menggunakan angkutan umum atau  motor(sepeda motor) isilah waktu perjalanamu dengan dzikir atau berangkatnya dengan mobil pribadi, dengarkan tausiah islami (agar ada siraman rohani masuk dalam hatimu).
Dari jam 07:00 - 11:00 adalah waktu dhuha, juga waktu sibuk-sibuknya orang bekerja atau belajar. Luangkanlah waktu jangan ketika ada waktu luang, luangkanlah untuk sholat Dhuha setelah itu lanjut dengan kegiatan kerja atau kegiatan sekolah. Ketika adzan Dzuhur berkumandang bersegeralah untuk melaksanakan sholat Dzuhur. Begitupun sholat Ashar. Jam-jam sore adalah waktu pulangnya manusia dari berbagai aktivitas di luar rumah. Pulanglah dan isi perjalanan pulangmu dengan dzikir atau tausiah lagi. Sampai rumah istirahat menikmati sore. Masuk waktu maghrib, adzan Maghrib, segera sholat maghrib dzikir, lanjut baca Al-Qur'an sesekali baca artinya atau tafsir Al-Qur'an sampai masuk waktu Isya'. Sholat isya', selesai sholat isya' lanjut menikmati malammu, bisa menonton tv, kajian islami lagi, mengerjakan PR, sekedar canda tawa keluarga atau yang lain. Tidurlah jangan larut malam, usahakan jam 09:00 sudah tidur. Agar siangnya tidak ngantuk juga agar tidak kesiangan untuk qiyamul lail. 

Kesimpulan :
1. Biasakan sholat sunnah Qobliyah dan Ba'diyah (sholat rawatib).
2. Biasakan mengisi waktu menunggumu dengan berdzikir atau mendengarkan tausiah atau sekedar murojaah.
3. Biasakan sholat tahajud dan sholat dhuha
4. Biasakan membaca Al-Qur'an sehabis sholat Fardhu.
5. Jangan tidur larut malam.
6. Selalu ikhlas dalam hal apapun.
7. Jaga kesehatan
8. Tepat waktukan sholat Fardhu
9. Manfaatkan waktumu untuk ibadah
10. Perbanyak berbagi dan sedekah
11. Jangan lupa membiasakan diri puasa senin-kamis

*Kebanyakan kesimpulan diatas adalah petuah atau perintah dari ibu dan inisiatif saya sendiri, agar menjadi manusia yg produktif dunia akhirat.

Comments

Popular posts from this blog

The Fact

Kitab Alala