Bukan Anak Perantauan

Saya awali cerita ini pada hari jum'at minggu kemarin. Dengan kelalaian tugas yang belum saya kerjakan, Seketika dari rumah langsung menuju kampus, dengan santai menikmati perjalanan ke kampus. Sampailah di tempat kos teman terlebih dahulu. Saya angkut nebengin teman ke kampus. Sampai di kampus langsung ngerjain tugas besar bareng rombongan. Tugas yang saya rasa instruksinya sangat sangat kurang jelas. Sudah berusaha tanya ke dosen, niat hati agar lebih paham maksud dari tugasnya, tapi malah dibawa puterputer dan semakin nggak jelas, ya sudah saya iyakan, agar tidak ada konflik yang berkepanjangan. Selang beberapa jam, tugas pun tak kunjung kelar. Saya tutup laptop, niatnya mau tak kerjakan di rumah, saya keluar dan meninggalkan teman-teman yang masih berkutat dari tugas gaje. Tujuan selanjutnya ke markas, schedule minggu ini adalah bersih-bersih markas, tapi saya tidak ikut, sampai di markas saya sudah menikmati markas yang sudah bersih dengan tata ruang yang baru. Di markas cuma numpang makan pop mie yang ngganjel kalau nggak segera di makan karena cuma tinggal satu-satunya makanan yang tersisa. Waktu sudah sore, saya putuskan untuk pulang ke home sweet home.
Di rumah langsung buka laptop melanjutkan tugas gaje tadi. Icon baterai laptop menunjukan indikator yang semakin berkurang. Saya ambil charger dari tas dan masyAllah tenyata chargernya ketinggalan di kampus. Tamat lah riwayat saya. Alhamdulillah, laptopnya ibu sedang tidak di pakai, saya pinjam laptop ibu, saya lanjutkan lagi. Tugas selesai dan jam sudah larut malam. Kirim tugas, coret dari daftar kerjaan dan langsung ke kasur untuk meloroskan boyok istirahat. 
Pagi harinya hari Sabtu, saya ada janji dengan kakak tingkat (cewek). Buat bahas skripsinya dia. Entah kenapa kok saya bisa diajak diskusi ngerjain skripsinya, padahal tau apa-apa juga enggak. Jam 9 berangkat dari rumah, sampai di tujuan tempat bertemu di Perpusda jam 10 an. Ketemu langsung bahas skripsinya. Saya pun dengan otak yang masih melongo, bingung mau bahas apaan. Saya ajak diskusi sepaham saya. Tapi ujung-ujungnya malah ngegosip nggak jelas, cuma mendengarkan sambil mengiyakan aja. Kelaparan sudah mulai menghampiri. Jam 2 keluar pepusda dilanjutkan nyari makan. Selesai makan langsung pulang.
Minggu adalah waktunya mager bahasa kecenya males gerak. Dimana sesosok manusia yang males buat ngapa-ngapain, males melakukan kegiatan apapun, termasuk cuci muka. Emang saya niatkan untuk mager, buat refresing otak. Sudah terlalu sepaneng otak saya. Masih di keadaan mager, buka hape buka medsos sekral sekrol bosen tutup sekral sekrol lagi bosen tutup. Gitu aja sampai akhirnya kebawa tidur. Bangun tidur nonton tv, ngeteh sore sama bapak ibuk adek. Seharian tidak buka laptop, saya manfaatkan untuk mengistirahatkan mata miopi saya. 
Senin pagi sekitar jam 8 berangkat survey, acara dari organisasi. Dan lagi-lagi saya adalah cewek sendiri dengan sepeda motor bebek. Menuhin bensin dulu ke POM bensin terdekat. Nunggu rombongan komplit, sekitar 4 motor sudah berkumpul dan langsung berangkat. Survey yang dituju adalah desa Tracap, Kec. Kaliwiro. Ambil jalur tikus, lewat jalur dari desaku. Jalan berkelok-kelok, naik turun dan alhamdulillah jalan mulus beraspal tanpa black hole. Perjalanan bak Marc Marquez lagi negbut di sirkuit. Wus wus wus, anak-anak pada ngebut. Saya pun ikut ngebut, takut kehilangan jejak. 
Sampai di kantor pemerintahan desa Tracap. Masuk kantor, buat membicarakan hajat kita berkunjung ke desa Tracap. Well, pembahasan selesai jam 11 an. Tujuan selanjutnya adalah main ke waduk Wadaslintang dan main ke tempat KPM kakak tingkat. Lanjut dari Kaliwiro ke Wadaslintang. Jalan masih sama seperti tadi. Maklum tenaga cewek, saya kelelahan mengendarai motor, sedikit oleng karena motor masih rewel di bagian stang yang kaku, belum sempat ngebengkel motor. Dan istirahatlah sejenak, sambil ngasih oli rantai sepeda motor, yang sedari perjalanan berasa berisik. Perjalanan lagi sampai ke perbatasan Wonosobo-Kebumen. Cari spot yang gratis dan spot pemandangan bagus. Parkir sepeda motor di depan polsek. Turun sepeda motor, naik ke tempat spot gratis. Menaiki banyak anak tangga, tanjakan dengan kemiringan yang hampir 60'. Busyet.... keringetan bercucuran, hawa panas dan gerah, kerongkongan kering. Alhamdulillah sampai juga di atas. Masih ngos-ngosan, sambil kibas kibas tangan dan nggak ngefek ngilangin gerah, tapi malah tambah capek. Tarik nafas dalam-dalam sambil nelen air liur. Sudah ilang  ngos-ngosannya. Lanjut selpie dan growpie hahaha...
Dan inilah hasilnya 


Adzan dzuhur berkumandang, angin semilir dan di depan mata terhampar luas waduk dan pemandangan hijau. Nikmatnya ku rasa. Ciptaan Allah yang tiada tanding pokoknya. Lumayan fresh buat ngilangin penat dari daftar tugas yang kebanyakan belum saya coret dari peredaran kertas putih. Puas selpie dan growpie, saatnya turun gunung. Cuaca masih panas, membuat jok motor "mak ces" di naiki, panas bro. Perjalanan lanjut maen ke tempat KPM kakak tingkat. Sampai di tempat KPM dipersilahkan masuk dan "cess" adem duduk dilantai selonjoran, semilir angin dan udara seger dari pohon-pohon "tegalan", menikmati sambil ngobrol ngalor ngidul. Sudah berasa adem nggak segerah tadi, saatnya numpang sholat dzuhur. Selesai sholat dzuhur, para kawan-kawan sekalian di ajak makan bersama. Selesai makan, lanjut pulang.  Langit sudah nampak mendung, kami berpamitan pulang.
Perjalanan pulang tidak sama dengan jalan pada saat berangkat tadi. Jalan pulang yang menuju Sawangan. Ngebut negbut di tikungan tajam. Perjalanan pulang bak Valentino Rossi sedang mendahului Marc Marquez. Wuss wuss...
Sampai sawangan saya mendahului teman-teman. ngebut 80-90 km/jam. Karena ada kuliah sore, saya sempatkan ke rumah dulu, untuk ganti pakaian dan sholat. Nggak ada 15 menit pamit dengan bapak keluar rumah berangkat kuliah. Berhubung hujan, pakailah mantol dulu. Hujan menemani perjalan ke ke kampus, Pas masuk kampus ada cewek tanpa merasa menjadi biang macet dengan santainya keluar gerbang. Orang tersebut keluar dan saya masuk kampus. Tanpa disadari lagi orang tersebut telah merobek mantol saya. Bagian kaki mantolnya robek. Hmmm... bar sabar. 
Jam sudah menunjukkan pukul 15:30 saya dengan teman saya yang ikut survey tadi menuju kelas. Telat, iya telat. Tapi nggak telat bangetlah. Dosen baru aja ngasih instruksi buat ngeluarin kertas. Materi mata kuliah kali ini cuma permainan. Entah permaian macam apa, coba mengikuti instruksi sang dosen. Selesai permainan kertasnya dikumpulkan. Sambil mengumpulkan kertas, sang dosen mulai memberikan petuah petuah. Inti petuahnya, tetap semangat kuliah, senajan kuliahnya sudah semakin jenuh. Dan jangan lupa untuk terus mencari ilmu serta pengalaman belajar dimanapun dan kapanpun. 
Jam 5 keluar kelas. Saya menuju markas, saya niatkan untuk pulang waktu maghrib saja. Kumpul dengan teman-teman mbahas survey tadi. Tak terasa adzan maghrib berkumandang, saatnya melepas dahaga setelah seharian ini badan dibawa jalan-jalan jauh, minum air dan sekedar makan cemilan untuk berbuka puasa. Karena sudah petang saya putuskan untuk segera pulang. Perjalanan pulang dibawa santai sambil menikmati suasana petang. Alhamdulillah pulang sudah buka puasa, jadi tidak terlalu terisi angin. Sampai rumah sholat maghrib, lanjut makan lagi.
Alhamdulillah, terimakasih atas nikmat dan rezeki hari ini ya Allah ~






Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo