Mahasiswa atau Paranormal

Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan sarjana, memasuki setengah perjalanan dari semester 5. Yang sering mendengar bisikan dari kakak tingkat maupun dari dosen, bahwasannya semester 5 adalah semester dimana mahasiswanya akan mulai merasakan titik kejenuhan perkuliahan. Sadari tidak disadari memang sepertinya mendekati kebenaran. SKS yang besar di tiap mata kuliah seakan menjadi sebuah tantangan sendiri. Hanya teori tidak ada praktikum.  Judul mata kuliah yang arang di dengar telinga saya, antara penasaran dan keingin tahuan berbaur menjadi satu. Semakin njlimet isi materi mata kuliah, semakin garang juga dosennya. Semua mata kuliah di semester ini, tugas selalu available, kadang lebih dari satu. Membuat mahasiswanya ekstra mengerjakan dengan sepenuh hati, baik berkelompok maupun individu. Dari paper sampai presentasi. Dari pagi sampai malam. 
Walaupun kadang jadi mengerjakan sendiri yang notabene berkelompok. Puk numpuk numpuk. Antara hati senang dan otak jadi ruwet. Kebanyakan instruksi tugas sulit dicerna, mengakibatkan mahasiswanya sering menerka dan improvisasi seenaknya sendiri, yang akhirnya kena nyanyian dari sang dosen, kalau itu tidak sesuai dengan instruksi dari sang komandan. Memaksa mahasiswa menjadi penerawang isi hati dari dosen yang kadang labil, karena fikiran dosen yang kadang sudah lelah setelah membimbing mahasiswa skripsi, yang dampaknya ke mahasiswa yang sedang diajar. 
Seberat seruwet seamburadul apapun itu tugas, ya tetap harus dikerjakan selesai. Nikmatnya menjadi mahasiswa dimana dosen kadang selalu ingin benarnya sendiri (red : rahasia umum). Nyatanya kuliah itu tak seindah seperti di FTV, dimana berangkat kuliah - skip - pulang kuliah - drama cinta dan nggak ada tugas. 
Nikmati dan jalani, serta terus syukuri bisa menimba ilmu sampai ke jenjang perkuliahan. 
Seminggu lagi waktunya UTS. Semoga dilancarkan bisa mengerjakan dan faham akan instruksi dari dosen dan hasilnya memuaskan, aamiin...

Comments

Popular posts from this blog

The Fact

Kitab Alala