Tak Sesuai Realita

Saya bukan pengejar nilai
Saya bukan pendamba nilai
Saya tidak gila dengan nilai
Dari awal kuliah yang saya cari bukan nilai
Nilai itu hanya bonus dan bentuk formalitas saja
Hal semacam itu balik ke diri masing-masing
InsyaAllah saya selalu nerimo ing pandum dengan syarat kalau memang sesuai realita
Saya sering miris dengan dosen yang tak sesuai realita memberikan nilai kepada mahasiswanya
Kecewa, karena tak mengapresiasi jerih payah mahasiswa
Jengkel ketika mendapat teman sendiri yang mendapat nilai tidak sesuai dengan jerih payahnya dia untuk bisa mengikuti setiap arahannya, padahal sangat pantas untuk dihargai
Kali ini saya benar benar tidak percaya dengan nilai
Nilai itu hanya sebuah deretan angka sebagai bentuk formalitas
Tanpa terasa nilai menjadi sebuah sekat
Menjadi sebuah Tuhan yang baru
Nilai itu bohong, tak menggambarkan pemilik nilai
Dimana padahal dia benar-benar bisa tapi nilai yang didapatkan tak karuan
Dan teman sebelahnya yang tak bisa ngapa-ngapain, dapat nilai diatasnya
Hal yang juga saya alami sendiri
Saya harus bolak-balik untuk klarifikasi nilai, karena saya anggap itu tak sesuai dan saya yakin saya bisa, saya punya hak untuk komplain
Benar dugaanku, nyatanya ada saja yang ternyata salah menginput kan atau salah data
Ada yang bisa diajak kompromi ada juga yang ngruwet
Menjengkelkan bukan ?
Sampai saat ini, saya paling males untuk buka nilai di akademik
Bukan saya menjudge seenak wudel, ini karena saya banyak mengamati pola-pola akademik di kampus
Mungkin saya harus banyak maklum dan perbanyak do'a saja
Ikhlaskan saja
Semoga apa yang sudah saya dapat bermanfaat
Karena yang dituntut manusia di dunia adalah kebermanfaatan dirinya di muka bumi
Bukan nilai apa yang sudah didapat.



Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo