Belajar Kaligrafi Khat Kufi

Seni kaligrafi adalah salah satu ilmu yang masih sangat saya minati dan saya sukai. Sekedar untuk mengisi waktu luang, mencari rezeki ataupun hobi yang tersirat. Dengan kaligrafi saya belajar banyak hal, contoh kecil jadi tahu beberapa makna bahasa Arab, nahwu dan juga faham bagaimana dalam merangkai huruf Arab pegon.
Dari kecil saya tertarik dengan kaligrafi dengan Khat kufi. Entah mengapa lebih unik daripada yang lain. Jika tak jeli dalam membaca akan salah makna. Juga pun jika membuatnya.
Sayapun banyak mencoba menulis khat kufi. Mudah tidak mudah, sulit tidak sulit. Kalau sedang good mood pasti lancar, tapi kalau lagi bad mood bisa muter-muter nggak jelas bahkan tidak jadi-jadi.
Merangkai huruf Hijaiyah dengan Khat kufi butuh kesabaran dan otak konsentrasi. Bagaimana agar presisi, bagaimana agar enak dipandang dan komposisi warna yang pas, bagaimana agar sesuai dengan aturan-aturannya. Karena kuat kufi ini ada banyak aturan didalamnya agar hasilnya bagus dan sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab.
Dan barusan saya baru selasai membuat kaligrafi kufi murabba'.
Ini dia hasilnya, ini masih 80%
Tapi saya aplut aja untuk mengisi blog.



Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo