Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Yang Lambat

Alkisah suatu hari di hari Minggu nan cerah ada seorang gadis dengan segunung pakaiannya yang kotor. Seperti biasa jadwal paginya adalah mencari pakaian kotor untuk dicucinya. Dari kecil dia terbiasa mencuci pakaiannya secara manual dengan kedua tangannya. Tapi semakin kemari ketika sehabis nyuci badannya jadi capek tak karuan. Dibelikan lah dia sebuah mesin cuci untuk digunakannya sebagai alat bantu cuci. Dia sangat senang bisa mencuci dengan alat bantu tersebut. Waktunya bisa digunakan secara multitasking, lebih efisien tenaga dan waktu.
Seringnya memakai alat bantu tersebut tak ayal kadang ada kendala menghampirinya. Seperti pengering pakaian yang berjalan lambat.
Si gadis tak begitu saja pasrah ketika ada masalah. Dia coba menelusuri apa penyebabnya, agar bisa diperbaikinya.
Dia mencoba bongkar mesin cuci tersebut dengan obeng. Ketika ditelusuri ada kabel yang putus sehingga menyebabkan bagian pengeringnya jadi berjalan lambat. Setelah ketemu penyebabnya, gantian mencari dan memahami cara kerja dari kabel tersebut sebelum diperbaiki.
Akhirnya ketemu solusinya. Si gadis coba langsung memperbaikinya. Langkah-langkah yang dilaluinya adalah :
1. Pakai sarung tangan biar tangan nggak lecet kena ujung kawat.
2. Pastikan mesin cuci tidak terhubung listrik biar nggak kesetrum.
3. Cari obeng
4. Bongkar mesin cuci bagian belakang.
5. Arahkan tangan dan mata ke bagian mesin pengering.
6. Cari barang kecil berbentuk pir yang berada di luar mesin pengering.
7. Lepas kan pir tersebut dari tautannya.
8. Coba hidupkan mesin cuci dan jalankan bagian pengeringnya.
9. Jika sukses Alhamdulillah, jika belum Alhamdulillah ( jika belum sukses, periksa lagi penyebab bagian-bagian yang berhubungan dengan mesin pengering tersebut dan perbaiki lagi )
10. Lanjut nyuci

Dan si gadis akhirnya selesai juga memperbaikinya walau dengan jari jemari ledes banyak yang luka karena ujung kawat. Perlu sedikit usaha agar semuanya berjalan lancar. Pengering berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Menambah semangat agar lekas selesai. Tak sampai 10 menit pekerjaan selesai. Lanjut waktunya menjemur pakaian biar kering tuntas.

Comments

Popular posts from this blog

Grafika Komputer

Tradisi Ruwatan Rambut Gembel Dieng, Wonosobo