Ngelawak Bareng CD

Seminggu dibuat bingung dengan laptop yang tiba-tiba rewel. Booting lama banget, bahkan bisa dipakai untuk tidur. Yang aku perhatikan sedari masalah ini adalah hardisk. Tapi ketika aku cek "nothing error", tidak ada masalah apapun. Tapi kenapa bisa selama ini ? Dan juga serada hang ketika untuk sekedar office.
Pikiran semakin kacau dan semrawut, jika semisal benar-benar hardisk yang menjadi biang keroknya. Dimana data-data masih bersemayam di sana dengan warna merah semua. Mau backup, sepertinya hardisk externalku pun tak akan sanggup menampungnya lagi. Takut ketika belum sempat dibackup dan hardisk tiba-tiba tak bisa digunakan alias mati. Kerjaan juga belum kelar.
Mencari pertolongan pertama untuk data-data ku ini ke teman. Dengan pinjam hardisk extern yang kiranya masih longgar untukku bawa pulang menginap beberapa hari.
Hardisk pinjaman akhirnya didapat juga. Lekas ku backup data-data dari laptop yang kupikir mulai rewel ini. Hampir seharian ku pindah data. Itupun ternyata masih ada yang terlewat. Arrrgghhh, kesal sekali rupanya. Ah yasudahlah ikhlaskan saja. Mau disesali terus menerus juga tak akan menyelesaikan masalah.
Ku coba untuk format penuh hardisknya, dilanjut install ulang. Usai install ulang pun tak kunjung membuahkan hasil yang diinginkan, wah parahh iniiii. Beberapa kali ku coba ulangi lagi, tapi tak kunjung menampakkan kenormalan seperti sedia kala. Akhirnya akupun angkat tangan dan pasrah. Instalasi OS terakhir aku menyerah dengan melanjutkan instal beberapa aplikasi office dan driver bawaan. Ketika ku buka DVD room, ada sebuah CD yang masih tenang berputar ditempatnya dengan sedikit terkekeh karena CD yang sudah banyak goresannya. Ku coba mengingat seluk beluk CD tersebut. Kok bisa masih disitu ya ?
Tak mau dipikir panjang, aku ganti dan pasang dengan CD driver laptop. Mulai install driver dilanjut dengan menghidupkan ulang laptop.
Ketika restart, booting nya normal kembali, lebih cepat.
Aku coba telisik menelisik apa penyebabnya. Sepertinya akibat dari CD yang lama bersemayam tadi. Ku coba pasang CD yang tadi dan coba restart ulang. Dan tarraaaaa, penyakit yang tadi kambuh lagi. Berarti benar, benar-benar karena ulah CD ini. Semua jadi ambyar dan banyak menyita waktuku untuk memperbaikinya.  Pengalaman mahal untuk kasus yang sepele dan dikira big problem.
Aku merasa ditertawakan oleh CD ini. Lumayan kesel gereged juga. Cuma bisa senyam senyum sendiri ternyata aku dikerjain aku dikerjain aku dikerjain !
Tapi dibalik ini semua Aku mendapatkan pengalaman yang mengajarkan ku untuk lebih peka lagi terhadap segala sesuatu, lebih teliti lagi untuk mencari penyebabnya, lebih sabar lagi untuk mengahadapi segala masalah.
Terimakasih CD.
Terimakasih laptop.
Terimakasih teman.
Terimakasih hardisk.
Dan terimakasih banyak Ya Allah.

Comments

Popular posts from this blog

The Fact

Kitab Alala